Perbedaan Novel Harry Potter dengan Film Harry Potter




Siapa yang tak kenal Harry Potter ? cerita fiksi karya JK Rowling ini banyak sekali di gemari baik dalam bentuk novel maupun film. Tapi tahu nggak sih ternyata film dengan buku itu banyak sekali hal yang berbeda. Mau tahu apa saja perbedaannya ? simak penjelasan berikut.

Saya disini tidak mau menggambarkan secara spesifik, karena perbedaannya itu banyak banget. Kalau mau tahu, lebih baik baca sendiri bukunya lalu tonton filmnya. Saya akan menuliskan beberapa poin penting saja. Semoga tulisan ini mewakili pembaca.

Di buku, jalan ceritanya sangat jelas dan detail. Dari mulai buku pertama hingga buku terakhir semua misterinya terjawab dan terpecahkan dengan baik. serta tiap tokoh memiliki peran yang sangat baik, tidak hanya muncul begitu saja. Sementara di film, hanya beberapa adegan penting saja yang mewakili judul buku tanpa melihat lebih detail keterkaitan tiap cerita dari mulai yang pertama hingga yang terakhir.

Contohnya, di buku ke empat diceritakan Hermione mendirikan S.P.E.W  sementara film tidak disinggung sama sekali.
Lalu bagian paling penting di buku ke enam diceritakan dengan detail siapa Lord Voldemort atau Tom Marvollo Riddle sementara di film hanya sedikit sekali.

Kenapa di film tidak detail ?

Tentu saja karena durasinya tidak cukup untuk menayangkan semua yang ada di buku. Film hanya menampilkan gambaran besar alur cerita sehingga melupakan hal kecil yang saling berkesinambungan. Film juga berfungsi untuk merealisasikan imajinasi para pembaca buku Harry Potter supaya tahu bagaimana bentuk sekolah Hogwarts atau bagaimana bentuk lapangan Quidditch

Lantas lebih bagus Novel atau Film ?

Menurut saya, keduanya bagus. Di buku semua misteri terpecahkan. Sementara di film, saya bisa melihat pemeran film sekaligus mengetahui bentuk sekolah Hogwarts.

Saran saya, lebih baik nonton filmnya dulu. Baru baca bukunya. Soalnya banyak pembaca yang sudah berimajinasi tinggi di buku namun kecewa saat menonton film karena tidak selengkap di buku.
Namun, balik lagi ke diri masing masing dalam memilih. Tugas saya hanyalah berpendapat.

Sekian dan terimakasih.

Sumber gambar : https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fwww.imdb.com%2Ftitle%2Ftt0241527%2F&psig=AOvVaw285O7GjFOIFOd897PlkIcN&ust=1588941659538000&source=images&cd=vfe&ved=0CAIQjRxqFwoTCIjh3e_UoekCFQAAAAAdAAAAABAD

Comments

Popular posts from this blog

Resensi Buku Novel Pinkan Melipat Jarak

Resensi Buku Sebuah Seni Untuk Bersikap Bodo Amat

Resensi Buku Komunikasi Itu Ada Seninya